Blogger Widgets

Kamis, 06 Februari 2014

MENGENALI JENIS - JENIS KEBOTAKAN



Kebotakan (Alopecia)


kebotakan disebabkan kerontokan rambut. Kerontokan rambut dapat terjadi sewaktu masa katagen (peralihan) atau masa anagen (siklus pertumbuhan rambut).  Beberapa jenis kebotakan, antara lain :


Botak Merata (Alopecia Syntomatica)

Botak merata terjadi karena kerontokan rambut secara mendadak dan merata setelah mengidap penyakit yang disertai demam tinggi, karena penyakit yang menahun, setelah kehamilan, mengalami reaksi alergi yang hebat, setelah mengalami goncangan jiwa, dan karena keadan asupan gizi yang kurang.

Botak Lingkaran (Alopecia Areata)

Pada kelainan ini terdapat kulit kepala botak. Daerah yang tidak berambut batasnya jelas, kulitnya tipis, bersih, mengkilat tanpa ujung patahan rambut. Alopecia Areata kadang-kadang jelas dan terkadang tidak diketahui.

Botak Menyeluruh (Alopecia Universal)

Terjadi karena kerontokan rambut menyeluruh, sehingga semua rambut pada kulit kepala rontok.

Alopecia Seborrhoica

Terjadi karena akibat kerontokan yang terjadi secara menahun dan merata, mulai dari daerah pelipis, dahi dan puncak kepala sehingga hanya di daerah belakang kepala dan diatas telinga yang tersisa rambut. Kadang-kadang kepala menjadi botak, biasanya kasus ini terjadi pada laki-laki.

Alopecia Cicatrizata

Terjadi karena peradangan dan juga bekas luka pada kulit kepala kemudian menjadi jaringan parut yang tidak berambut lagi.



Kelainan pada Rambut


  • Kelainan karena infeksi jamur (Tinea Cipitis)

    Pada batang rambut, jamur dapat tumbuh hanya pada permukaan saja atau menyusup kedalam kulit rambut. Keratin menjadi rusak dan rambut mudah patah.
  • Rambut Pecah atau Bercabang

    Ujung-ujung rambut terbelah secara memanjang, kelainan ini dapat terjadi secara terus menerus, kurang asupan protein, atau pemakaian kosmetika rambut yang terlalu keras.
  • Rambut Kering

    Pada batang rambut terdapat bagian-bagian yang menebal, sehingga rambut menjadi rapuh dan mudah patah, penyebabnya mengucek rambut terlalu keras saat keramas dan kurang bersih sisa shampoo saat keramas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar